Apa saja makanan bergizi untuk bayi pasca ASI Ekslusif 6 bulan?

21

Pemberian ASI secara ekslusif pada bayi sangat baik untuk menjamin tumbuh kembang yang optimal. ASI ekslusif wajib diberikan sejak anak lahir sampai usia 6 bulan bahkan sampai usia 2 tahun, tetapi pasca ASI Ekslusif 6 bulan, anak harus dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang bergizi, karena anak berusia 6 bulan keatas sudah dapat mengkonsumsi makanan padat untuk bisa membantu menunjang beberapa nutrisi tambahan untuk tumbuh kembang anak. Pada awal pengenalan MP-ASI, dianjurkan untuk diberikan makanan padat yang sama selama 3-5 hari terlebih dahulu untuk melihat reaksi anak terhadap makanan tersebut apakah ada alergi atau masalah pencernaan, bila tidak ada reaksi yang buruk maka dapat dilanjutkan dengan makanan padat tersebut. MP-ASI untuk anak usia 6 bulan keatas diberikan dengan tekstur yang lembut cenderung halus, lalu dapat ke makanan yang cenderung lebih keras karena semakin bertambahnya usia, saluran pencernaan bayi pun semakin berkembang.

Pada dasarnya, Pemberian MP-ASI perlu melihat nilai nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh anak. Nutrisi yang diperlukan terdiri dari Karbohidrat, lemak, protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi brokoli, bayam, wortel, pisang, jeruk, apel, pir, melon, papaya, manga, kentang, nasi, ubi jalar, ayam, ikan, telur, dan tahu. Sumber nutrisi yang penting untuk anak tersebut cocok dan mudah didapat, pembuatannyapun tidak sulit. Perlu dingat pula dalam makanan padat bayi tidak perlu menambahkan garam dan gula. Intensitas pemberian makan diberikan sesuai dengan kondisi bayi, pemberian makanan juga jangan terlalu banyak setidaknya sampai bayi kenyang.

Penyajian makanan dapat berupa bubur, makanan yang dihaluskan, dan finger food. Untuk menjaga makanan agar higienis dan dapat dikunyah oleh anak, pengolahan makanan dapat dilakukan dengan direbus ataupun dikukus. Dengan bertambahnya usia dan tumbuh kembang anak, sangat baik untuk melatih anak dalam beragam rasa dan tekstur makanan, dari makanan yang dilembutkan, diblender atau yang dapat dimakan dengan tangan. Keuntungan makan dengan tangan dapat membantu perkembangan kordinasi tangan dan mata anak.

Resep masakan bergizi yang mudah dan patut dicoba yaitu; bubur yang terbuat dari nasi dengan sayuran seperti brokoli atau bayam. Makanan yang dihaluskan, seperti campuran alpukat dan pisang atau ubi dengan wortel. Untuk snack, seperti finger food, dapat membuat potongan buah apel atau pir yang telah dibersihkan dan dikupas. Penyajian buah-buahan juga dapat dikukus terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lebih lembut dan didinginkan terlebih dahulu sebelum dimakan. Yang terpenting adalah penyajian makanan yang higienis dan sebelum makan, anak harus dibersihkan bagian tangan terlebih dahulu.

Pemenuhan makanan bergizi sangat penting bagi anak di usia 6 bulan keatas untuk mendapat makanan pendamping ASI (MP-ASI) agar tumbuh kembangnya optimal dengan pemenuhan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh anak. Pengenalan dengan makanan patut dilakukan agar terhindar dari reaksi alergi atau permasalahan pada pencernaan. Pemberian ASI masih dapat dilakukan sampai anak berumur 2 tahun, yang secara bertahap dikenalkan dengan berbagai macam rasa dan tekstur makanan padat. Hal ini juga dapat mengembangkan sistem motorik anak untuk dapat makan dengan mandiri.