BKKBN Perkenalkan Aplikasi ELSIMIL untuk Cegah Stunting

291

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ditugaskan sebagai Ketua Pelaksana. Salah satu upaya BKKBN untuk menekan angka stunting adalah melalui pengembangan aplikasi Elsimil, atau Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini diharapkan dapat mendeteksi calon pengantin yang berisiko memiliki anak stunting. Selain calon pengantin, Elsimil juga ditargetkan untuk kelompok sasaran remaja karena kelak akan menjadi calon pengantin.

Skrining awal calon pengantin berisiko dilakukan melalui kuisioner pada aplikasi Elsimil. Tiga bulan sebelum pernikahan, calon pengantin diimbau untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan memasukkan data hasil pemeriksaan ke dalam kuisioner. Adapun data yang dimasukkan adalah usia, status gizi (berat badan, tinggi badan, ukuran lingkar lengan dan perut, kadar hemoglobin (Hb)), dan perilaku merokok.

Dari data ini, Tim Pendamping Kesehatan (TPK) yang terdiri dari PKK, kader KB, dan tenaga kesehatan dapat mendeteksi calon pengantin dengan faktor risiko stunting. Lalu, TPK memberikan intervensi yang direkomendasikan sesuai kebutuhan, serta memonitor status gizi calon pengantin demi mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Selain berfungsi sebagai alat skrining dan media komunikasi dengan TPK, Elsimil juga berfungsi sebagai media edukasi tentang kesehatan reproduksi, kontrasepsi, kesiapan pranikah, kesiapan kehamilan, serta cegah kanker. Direktorat Bina Ketahanan Remaja selaku penanggung jawab aplikasi Elsimil di BKKBN akan terus meng-update dan menambah materi edukasi dalam aplikasi.

Selain upaya sosialisasi dari pemerintah, jejaring SUN diharapkan dapat mendukung kampanye penggunaan Elsimil di masyarakat. Misalnya, SUN Civil Society Alliance yang memiliki jaringan luas di masyarakat hingga lapisan terkecil. SUN Mitra Pembangunan dan SUN Akademia juga diharapkan dapat melakukan pendampingan terhadap TPK sebagai ujung tanduk berkomunikasi dengan remaja/calon pengantin/calon ibu hamil yang terdeteksi berisiko melahirkan anak stunting. Selain itu, SUN Business Network juga dapat berkontribusi menyebarluaskan informasi penggunaan ELSIMIL melalui workforce nutrition di institusinya masing-masing.

Ringkasan terkait Elsimil dapat dilihat pada infografis di bawah ini.

Calon pengantin kini diwajibkan menyertakan sertifikat ELSIMIL sebagai persyaratan daftar nikah di KUA. Elsimil sendiri dapat diunduh melalui Google Playstore atau Apple App Store secara cuma-cuma. Oleh karena itu, apabila Anda atau orang yang Anda kenal akan menikah dalam waktu dekat, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang wajib Anda unduh.

 

Penulis: Annisa Hayatunnufus (Sekretariat Percepatan Penurunan Stunting Kementerian PPN/Bappenas)

Editor: Tim Knowledge Platform SUN Indonesia, Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/ Bappenas