Briefing Tim Nutrition for Growth (N4G) Indonesia 2021

51

Jumat, 3 September 2021 merupakan rapat resmi pertama proses perumusan komitmen Indonesia dalam Nutrition for Growth (N4G) Summit yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Jepang di Tokyo tanggal 7-8 Desember 2021. Meskipun Indonesia akan menghadiri acara ini secara virtual karena situasi pandemi Covid-19, namun tidak menurunkan semangat pemerintah dalam memperbarui komitmen upaya perbaikan gizi di Indonesia. “Komitmen yang dideklarasikan dalam N4G summit ini nantinya merupakan komitmen untuk Negara Indonesia sendiri, dan hanya akan ada beberapa rekomendasi yang didaftarkan ke Tokyo” ujar Pungkas Bahjuri Ali, Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas sekaligus Ketua Tim Teknis N4G Indonesia, dalam sambutannya.

Wakil Ketua Tim Teknis, Dhian Dipo, yang juga menjabat sebagai Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, menjelaskan tahapan perumusan komitmen pada ketiga Area Tematik N4G Summit: Kesehatan, Pangan, dan Resiliensi. “Perlu dipastikan apakah komitmen yang dirumuskan dapat diterima di lapangan dengan baik dan penentuan area tematik yang tepat”.

Sejumlah pakar terbaik di masing-masing bidang pun terlibat dalam tim N4G, seperti Prof. Hardinsyah (Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia), Prof. Endang Achadi (FKM UI), Rina Agustina (IMERI FKUI), Umi Fahmida (SEAMEO RECFON), Ibnu Budiman (Peneliti Wageningen University), Drajat Martianto (Wakil I Rektor IPB), dan Sunarno Widjojo. Diskusi intens yang berlangsung selama dua jam antara pakar dan perwakilan SUN Networks menunjukkan semangat  tim N4G Indonesia untuk mencari gap antara masalah gizi dengan sistem kesehatan, sistem pangan, dan resiliensi saat bencana yang saat ini terjadi.

“Area Tematik dalam komitmen N4G baru muncul di tahun ini, sehingga perlu pemahaman lebih lanjut untuk menemukan benang merah antar area agar komitmen ini benar-benar dapat diimplementasikan dengan baik, tidak hanya di atas kertas,” pungkas Wakil Ketua Tim Teknis sekaligus menutup acara. Selanjutnya, pakar akan melakukan desk review yang hasilnya akan dipaparkan kepada pemangku kepentingan terkait saat Focus Group Discussion per Area Tematik.

Penulis: Nurul Azma Ahmad Tarmizi (Sekretariat Percepatan Perbaikan Gizi Kementerian PPN/Bappenas)

Editor: Tim Knowledge Platform SUN Indonesia, Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/ Bappenas