Kenali Stunting Sejak Dini

29

Permasalahan stunting kini tidak bisa dianggap remeh. Nyatanya, stunting menjadi permasalahan skala nasional, terjadi di hampir penjuru Indonesia. Namun begitu, ada baiknya kita mengenal apa itu stunting terlebih dahulu.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar (PB/U atau TB/U). Tinggi badan hanya penunjuk fisik, namun dampak lain yang tak kalah mengkhawatirkan dari stunting adalah hambatan perkembangan kognitif dan motorik serta gangguan metabolik pada saat dewasa yang meningkatkan risiko penyakit tidak menular.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sekitar satu dari tiga anak Indonesia mengalami stunting (27,67% berdasarkan SSGBI 2019). Oleh karena itu, sampai saat ini isu stunting menjadi prioritas nasional sehingga Presiden menargetkan angka stunting turun menjadi 14% di tahun 2024.

Dengan fakta ini, kita harus mulai bergerak dan bekerjasama untuk menurunkan angka stunting, karena #CegahStuntingItuPenting