Kiat Penuhi Asupan Gizi Agar Stunting Bisa Teratasi

26

Penyebab utama stunting adalah rendahnya asupan gizi yang baik serta penyakit infeksi. Apabila asupan gizi terpenuhi—serta sanitasi yang bersih dan ketersediaan air yang mencukupi—maka pada umumnya seorang anak dapat terbebas dari stunting. Ada beberapa kita memenuhi asupan gizi agar stunting bisa teratasi.

Pada ibu hamil, dianjurkan untuk makan 1 ½ – 2 kali lebih banyak dari biasanya karena pada saat kehamilan diperlukan tambahan energi dan zat gizi lainnya untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Sementara pada bayi, asupan gizi yang tepat adalah dengan memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif tanpa tambahan apapun sejak usia 0-6 bulan, memberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang cukup kuantitas dan kualitas gizinya pada saat bayi sudah berusia 6 bulan, dan melanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun atau lebih.

Tidak lupa juga, pengawasan kesehatan ibu dan anak secara teratur ke posyandu atau puskesmas dapat membantu Ibu untuk memenuhi dan mengawasi asupan gizi. Perencanaan pemenuhan gizi harus dimulai sedini mungkin.