Kunjungan DPRD Kabupaten Bolmut Ke Bappenas, Bicarakan Akasi Konvergensi Stunting

67
Direktur KGM Bappenas menerima kunjungan DPRD Kab. Bolaang Mongondow Utara di Bappenas
Direktur KGM Bappenas menerima kunjungan DPRD Kab. Bolaang Mongondow Utara di Bappenas

Pada tanggal 13 Februari 2020, DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja ke Bappenas dalam rangka konsultasi perencanaan penanggulangan stunting di wilayahnya. Kunjungan ini diterima oleh Bapak Pungkas Bahjuri Ali selaku Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas. Pada tahun 2019, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berhasil mendapatkan peringkat 1 dalam pelaksanaan Aksi Konvergensi Pencegahan Stunting di tingkat provinsi Sulawesi Utara.

Aksi konvergensi merupakan upaya intervensi yang dilakukan secara bersama-sama pada sasaran wilayah dan rumah tangga prioritas untuk mencegah stunting. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan berbagai sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan bersama, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan dan evaluasi.

Direktorat KGM Bappenas dan perwakilan DPRD Kab. Bolaang Mongondow Utara
Direktorat KGM Bappenas dan perwakilan DPRD Kab. Bolaang Mongondow Utara

DPRD memainkan peranan yang penting pada tahap perencanaan. Setelah analisis situasi selesai dilakukan, Bappeda melakukan penyusunan rencana kegiatan dan mendiskusikannya dengan DPRD. Rencana Kegiatan disusun dengan memperhatikan dokumen perencanaan daerah seperti RPJMD, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Renja OPD).

DPRD dan Bappeda juga bersama-sama menentukan desa yang akan menjadi lokasi fokus (lokus) stunting di tahun berikutnya berdasarkan data yang telah dikumpulkan pada tahap analisis situasi. Harapannya, melalui kegiatan konsultasi ini, DPRD Kabupaten Bolmut dapat mengoptimalkan perannya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting pada lingkup Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.