Pentingnya Periode Emas 1000 HPK bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Si Kecil

24

Dari seluruh daur kehidupan, periode yang paling kritis dan sekaligus periode emas untuk tumbuh kembang yang optimal adalah periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu sejak bayi di dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun. Sayangnya, masih banyak anak-anak yang tidak memiliki kesempatan mendapatkan akses gizi serta sanitasi yang baik untuk menunjang periode 1000 HPK. Hal ini menjadi salah satu penyebab masih banyaknya permasalahan stunting di Indonesia.

Terpenuhinya gizi selama hamil hingga sampai dua tahun pertama kehidupan anak berperan dalam membentuk fungsi otak, fungsi pencernaan, dan juga membantu memperkuat sistem imun. Pada masa ini, asupan nutrisi dan serta stimulasi dari lingkungan menjadi komponen utama dalam tumbuh kembangnya. Keberhasilan pemenuhan gizi pada 1000 HPK anak dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul di masa depan.

Sementara itu, resiko yang muncul jika Pemenuhan gizi tidak terpenuhi pada periode ini sangatlah banyak. Bayi yang tidak mampu mendapatkan gizi yang cukup tentunya memiliki kerentanan terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya saat dewasa nanti. Hal ini karena sistem imunitas tubuh sangat berkaitan dengan status nutrisi.

Oleh karena itu, masa 1000 hari pertama kehidupan sangatlah penting dan tidak boleh terlewatkan.