Peran PDGMI dalam Upaya Percepatan Perbaikan Gizi dan Penurunan Stunting

89

Oleh: Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI)

PDGMI atau Indonesian Medical Nutrition Society (IMNS) adalah Perhimpunan Dokter Seminat (PDSm) di bawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang anggotanya terdiri dari anggota IDI yang berminat dalam bidang gizi. PDGMI mempunyai 15 cabang yang mencakup 19 provinsi di Indonesia, yaitu PDGMI cabang DKI Jakarta, PDGMI cabang Aceh, PDGMI cabang Sumatera Utara, PDGMI cabang Sumatera Barat, PDGMI cabang Riau, PDGMI cabang Sumatera Selatan, PDGMI cabang Jawa Barat, PDGMI cabang Jawa Tengah, PDGMI cabang DI Yogyakarta, PDGMI cabang Jawa Timur, PDGMI cabang Bali, PDGMI cabang Nusa Tenggara Timur, PDGMI cabang Sulawesi Utara, PDGMI cabang Sulawesi Selatan, dan PDGMI cabang Kalimantan.

PDGMI bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat, mendorong pengembangan ilmu gizi khususnya ilmu dan profesi dokter bidang gizi medik, serta meningkatkan kesejahteraan anggota PDGMI khususnya dan anggota IDI pada umumnya. Untuk melaksanakan tujuan tersebut, PP-PDGMI maupun PDGMI cabang telah melakukan upaya atau kegiatan yang bersifat promotif dan preventif secara berkesinambungan, sesuai dengan perkembangan masalah gizi saat ini di Indonesia.

Sejak tahun 2014, PDGMI secara aktif menjadi mitra pemerintah pada upaya Scaling Up Nutrition (SUN) Movement dalam menurunkan stunting di Indonesia. Upaya promotif dan preventif meliputi pengembangan 30 materi edukasi tentang gizi seimbang, kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan remaja dan anemia.  Pengembangan modul pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat juga telah dilakukan secara bertahap, antara lain: bidan, remaja puteri di Pesantren, PGI, Perdhaki, Muhammadiyah dan Fatayat NU, Jurnalis, serta Bloggers.

Dalam melakukan kegiatan, PDGMI bermitra dengan berbagai organisasi lainnya, seperti: FKM UI, Universitas YARSI, Institut Gizi Indonesia (IGI), Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), PERGIZI PANGAN, Persagi, PT Nestle, PT Danone Indonesia, PT Otsuka Indonesia, Kalbe Farma, serta Merck.

Selama pandemi, kegiatan PDGMI terbatas pada kegiatan daring seperti seminar dan  penyebaran leaflet tentang pentingnya asupan gizi (protein hewani) untuk pencegahan Covid-19. PDGMI cabang Sulawesi Selatan bekerjasama dengan organisasi profesi setempat melaksanakan kegiatan ”Bangkit Bersatu – Memperkuat Ketahanan Pangan Rumah Tangga” dengan membagikan paket sembako untuk ibu hamil dan menyusui serta paket sayur-buah untuk Kampanye Makan Sayur dan Buah.

PDGMI akan terus berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam menurunkan stunting, terlebih dalam situasi pandemi saat ini.