Pungkas Bahjuri: Belanja K/L untuk Stunting Meningkat di Tahun Anggaran 2021

50

Jakarta- Dalam pertemuan Mid-Term Review Program Percepatan Penurunan Stunting yang diselenggarakan oleh Sekretariat Wakil Presiden RI pada hari Senin, 8 Maret 2021, Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas mengatakan bahwa alokasi belanja K/L untuk tahun anggaran 2021 meningkat signifikan dari tahun sebelumnya.

Hal ini beliau sampaikan pada sesi pemaparan tentang penajaman perencanaan dan penganggaran program percepatan penurunan stunting. “Berdasarkan data yang kami peroleh dari dokumen Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga, teridentifikasi bahwa anggaran belanja untuk stunting meningkat sebesar 27,5 triliun rupiah dari tahun sebelumnya menjadi 35,7 triliun rupiah. Selain itu, jumlah output pada intervensi spesifik, intervensi sensitif dan kegiatan dukungan teknis di daerah juga bertambah menjadi 220 dari sebelumnya 86 output kegiatan” ujar Pungkas.

Menurutnya, ini merupakan hal yang sangat positif untuk mendukung percepatan penurunan stunting mengingat selama tahun 2020 sebagian besar kementerian/lembaga mengalami refocusing anggaran dan turunnya target sasaran. “Bappenas bersama Balitbangkes dan BPS sebenarnya sedang mengkaji beberapa hasil kajian mengenai prevalensi stunting di tahun 2020. Dampak COVID-19 membuat pengumpulan data balita di level Puskesmas dan Posyandu menjadi terbatas. Oleh karenanya, kami sedang berdiskusi bersama para pakar untuk mengeluarkan data proyeksi stunting untuk membantu kementerian/lembaga melaksanakan programnya di daerah,” tambahnya.

Selain itu, Pungkas menjelaskan bahwa besarnya anggaran tersebut tidak akan berarti apabila tidak disertai dengan aksi konvergensi yang harus dilakukan oleh lintas sektor. “Untuk mengukur belanja anggaran tersebut efektif dan tepat sasaran, kita harus memastikan bahwa output-output tersebut telah mencapai level rumah tangga dan benar-benar menyasar kepada target 1.000 Hari Pertama Kehidupan,” tutupnya.

 

Penulis: Febriansyah Soebagio (Tenaga Ahli Analisis Kinerja Program, Sekretariat Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Kementerian PPN/ Bappenas)

Editor: Tim Knowledge Platform SUN Indonesia, Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/ Bappenas