Sepuluh Tahun Gerakan Scaling Up Nutrition di Indonesia, Bappenas Gelar Puncak Acara SUN Annual Meeting 2021

366

Jakarta (22/11) – Kementerian PPN/Bappenas menggelar acara puncak Scaling Up Nutrition (SUN ) Annual Meeting 2021 pada Selasa, 23 November 2021 di Jakarta. Mengangkat tema “Satu Dekade Melangkah Bersama”, acara ini sekaligus memperingati momentum sepuluh tahun sejak Indonesia bergabung dengan gerakan SUN di tingkat global.

Scaling Up Nutrition merupakan gerakan global di bawah Sekretaris Jenderal PBB untuk mengatasi semua bentuk malnutrisi melalui keterlibatan lintas sektor. Gerda Verburg, koordinator gerakan SUN di tingkat global, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen pemerintah Indonesia dalam mempercepat perbaikan gizi “Indonesia termasuk negara yang pertama-tama bergabung dengan gerakan Scaling Up Nutrition. Ini menunjukkan bagaimana kepemimpinan pemerintah Indonesia terhadap permasalahan gizi” ujar Gerda.

Secara khusus, Gerda menyampaikan apresiasi terhadap SUN Focal Point Indonesia yang saat ini dipegang Deputi bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan (PMK) Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, yang telah mengembangkan kemitraan lintas sektor hingga Indonesia mampu memiliki 148 anggota SUN Networks pada tahun 2021. Jejaring ini terdiri dari pemerintah, mitra pembangunan, dunia usaha, organisasi masyarakat sipil, serta akademisi.

Pada kesempatan ini, dilakukan peluncuran komitmen Indonesia dalam Nutrition for Growth (N4G) Summit 2021. N4G merupakan forum tingkat global yang dibentuk untuk memperkuat komitmen setiap negara yang tergabung dalam Gerakan Scaling Up Nutrition. Forum empat tahunan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Desember mendatang di Tokyo. Pemerintah Jepang secara khusus mengundang Presiden Republik Indonesia untuk menyampaikan sambutan pada sesi pembukaan N4G Summit 2021. Hal ini sebagai wujud apresiasi atas komitmen kuat Indonesia dalam mencapai target prevalensi stunting 14% pada tahun 2024. Selain itu, tahun ini Presiden juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2021 untuk memperkuat upaya penurunan stunting di Indonesia.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menyatakan pencapaian target ini tidak mudah karena Indonesia menghadapi masalah kekurangan dan kelebihan gizi sekaligus. Namun, Suharso optimis dengan kerjasama lintas sektor, Indonesia mampu mewujudkan percepatan perbaikan gizi “Harapannya, kegiatan SUN Annual Meeting 2021 dapat menghasilkan langkah-langkah strategis untuk terus mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.” pungkasnya.

Selain Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Koordinator SUN Global, acara ini juga dibuka dengan sambutan Wakil Presiden, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai peran SUN Networks selama satu dekade terakhir, serta ditutup melalui penyampaian rencana dari masing-masing SUN Networks terkait upaya percepatan perbaikan gizi ke depannya.

Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting merupakan forum tahunan yang bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran terkait upaya percepatan perbaikan gizi di Indonesia. Pertama kali diadakan tahun 2019, forum ini diharapkan menjadi wadah kolaborasi lintas sektor yang tergabung dalam SUN Networks. Rangkaian acara SUN Annual Meeting 2021 telah berlangsung sejak tanggal 13 Oktober hingga puncaknya pada 23 November 2021.