Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas)

  |   Kegiatan

Kegiatan Musrenbangnas 2018 merupakan kegiatan pembahasan dalam bentuk forum multilateral, yaitu antara penanggung jawab PN di Bappenas, K/L (c.q. Biro Perencanaan), dan Pemerintah Provinsi (c.q. Bappeda Provinsi) untuk menyepakati Pro-P, Pro-K/L yang mendukung Pro-P serta usulan daerah terkait prioritas daerah yang mendukung Pro-P.

 

Tujuan pelaksanaan Musrenbangnas 2018 yaitu menyepakati usulan kegiatan antara Bappenas, K/L dan pemerintah provinsi per Prioritas Nasional (PN), Program Prioritas (PP), Kegiatan Prioritas (KP), Proyek Prioritas (Pro-P), Proyek K/L (Pro-K/L) yang mendukung Pro-P serta usulan daerah terkait prioritas daerah yang mendukung Pro-P sebagai bahan penyusunan RKP 2019. Rangkaian Musrenbangnas dimulai pada tanggal 30 April 2018 yang dibuka oleh Presiden dan Wakil Presiden RI serta akan selesai pada tanggal 11 Mei 2018. Peserta Musrenbangnas 2018 adalah Kedeputian Penanggung Jawab PN di Bappenas; Direktorat Sektor di Bappenas yang terkait dengan PN, Kepala Biro Perencanaan K/L dan Kepala Bappeda Provinsi.

 

Forum Musrenbangnas dilaksanakan di Hotel Bidakara dengan pembagian ruangan sesuai dengan 5 PN dan dibagi ke dalam masing-masing program prioritas. Pada Musrenbangnas 2018, terdapat 5 PN yang menjadi bagian dari RKP 2019, yaitu:

 

  1. Pembangunan Manusia melalui Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Pelayanan Dasar
  2. Pengurangan Kesenjangan Antarwilayah melalui Penguatan Konektivitas dan Kemaritiman
  3. Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja melalui Pertanian, Industri, Pariwisata, dan Jasa Produktif Lainnya
  4. Pemantapan Ketahanan Energi, Pangan, dan Sumber Daya Air
  5. Stabilitas Keamanan Nasional dan Kesuksesan Pemilu

Pembukaan Musrenbangnas 2018

Arahan Musrenbangnas 2018 dari Presiden RI

Pengantar Musrenbangnas 2018 oleh Menteri PPN/Bappenas