Program-program yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian dan meningkatkan ketahanan pangan merupakan komponen penting dalam program Percepatan Perbaikan Gizi 1000HPK. Program tersebut memastikan ketersediaan pangan bergizi memiliki dengan harga terjangkau untuk semua golongan masyarakat. Pada saat yang sama para petani memiliki kemampuan untuk mengangkat keluarganya keluar dari kemiskinan.
Kementrian Pertanian saat ini terus mendukung program peningkatan ketersediaan, akses, kualitas pangan di seluruh provinsi. Program-program tersebut antara lain optimalisasi Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal untuk mempercepat peningkatan kualitas Konsumsi pangan masyarakat demi pembentukan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).
Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah membuat program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Gerakan ini dilakukan dengan sosialisasi manfaat makan ikan hingga memasak berbagai olahan ikan. Pada saat yang sama, dikembangkan berbagai program budidaya ikan pada berbagai kelompok masyarakat, termasuk di pesantren-pesantren.
Kegiatan

Kegiatan

Berita

Berita