Tayangan Menteri PPN/ Kepala Bappenas dalam Indonesia Business Forum (IBF) TVOne, 15 Maret 2018

  |   Berita

Indonesia Business Forum (IBF) adalah program gelar wicara dalam bentuk perbincangan mendalam, mencari solusi dari berbagai persoalan ekonomi, dan determinannya yang ditayangkan di tvOne setiap hari Kamis pukul 20:30 WIB. Pada tanggal 15 Maret 2018, Menteri PPN/ Kepala Bappenas menjadi salah satu narasumber pada IBF yang membahas tentang “Indonesia Krisis Sumber Daya Manusia Berkualitas”, bersama dengan Okky Asokawati (Komisi IX DPR RI), Prof. dr. Fasli Jalal, SpGK, PhD (pakar gizi & kesehatan), Enny Srihartati (Ekonom INDEF), serta Achmad Zaky (CEO BukaLapak).

Data masalah gizi di indonesia tahun 2013 (Riskesdas) menunjukkan 37,2% atau sekitar 9 juta balita di Indonesia pada tahun 2013 mengalami gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis atau stunting. Namun, berdasarkan hasil survey indikator kesehatan nasional (Sirkesnas), angka stunting telah menurun menjadi 33,6% di tahun 2016 atau sekitar 8 juta anak balita.

 

Menurut data Bank Dunia, potensi kerugian ekonomi karena masalah gizi dalam konteks penurunan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi, signifikan sebesar 2-3% dari PDB per tahun atau mencapai 200-300 triliun per tahun.

Kondisi ini sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia ke depan, terutama di era pasar bebas dimana apabila kualitas sumber daya manusia Indonesia rendah, maka akan membuat pekerja Indonesia terpinggirkan di negerinya sendiri. Kondisi ini tentu saja menimbulkan kerugian ekonomi yang lebih besar lagi.

Bagian 1

Bagian 2

Bagian 3

Bagian 4

Bagian 5